Rabu, 17 Maret 2010

kesadaran spiritual...


Assalamualaikum wr, wb
Salawat dan salam kepada Junjungan kita nabi Muhammad saw beserta keluaraga, sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir jaman.
Bismillahirahmannirahim,

Mengapa Tuhan melahirkan kita di bumi ini..?
Mengapa Tuhan memberikan kehidupan di dunia ini..?
Mengapa Tuhan menguji manusia dengan peristiwa, suasana suka dan duka ?

Seorang ulama besar mengatakan bahwa sesungguhnya kita manusia dilahirkan kedunia agar dapat menikmati indahnya Surga kelak.
untuk mendapatkan dan mencapainya diperlukan kesungguhan, kekuatan, pengorbanan yang sangat besar.
Kenapa ada surga dan neraka..?
Apakah sesungguhnya skenario ini di ciptakan kepada manusia...?
Tentunya kapasitas pikiran dan rasionalitas kita tidak akan sampai kesana
ini semua adalah Kehendak-Nya dan semua telah diatur dengan sangat sempurna.
Tetapi satu hal yang telah ditegaskan dalam kitab suci al-Quran bahwa sesungguhnya Tuhan, Allah swt berfirman tidak Ku-ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah (taat) kepada-Ku semata.

Seperti halnya kendaraan dia telah dibuat dengan batasan dan ukuran yang sesuai dengan fungsi dan bentuknya melalui perencanaan dan perhitungan yang sangat matang.
sebuah mobil dapat berlari kencang hingga 100km/jam, 200km/jam, atau lebih dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Spiritual sangatlah penting di kelola oleh diri manusia agar kita memiliki pegangan ataupun sandaran dalam menjalankan kehidupan yang serba kompleks.

Mengambil dari pernyataan seorang ulama besar Maulana Jalaludin Rumi qs yang saya simpulkan sebagai berikut bahwa ada dua jalan spiritual yang bisa kita tempuh yaitu jalan pertama dengan kerahiban atau memberikan ruang yang sangat kecil untuk dunia dan menghambakan diri kepada Tuhan dengan porsi yang sangat besar, dan jalan kedua adalah mengambil dunia dengan maksud melakukan penghambaan kepada Tuhan dengan menerima segala beban, masalah dan berbagai kendala dalam kehidupan dunia tanpa meninggalkan kewajiban penghambaan kepada Tuhan Yang Maha Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar